14 Nama dan Jenis Lovebird Versi Kicau Mania Indonesia Terpopuler


Lovebird merupakan burung berparuh bengkok yang pada mulanya berasal dari benua Afrika. Burung yang berasal dari keluarga psittaciade dan dari genus Argaponis ini sudah lama turut serta meramaikan dunia hobi burung kicau di Indonesia. Burung pemilik warna bulu yang indah ini banyak dipelihara hampir disetiap rumah yang memiliki hobi merawat burung. Alasan banyak sobat merawat burung love ini adalah karena burung tersebut bisa dipelihara sebagai burung hias yang memanjakan mata, burung pemaster dan sekarag sudah tenar sebagai burung lomba.



Burung lovebird kini banyak digemari oleh sobat kicau di Indonesia, hal itu dikarenakan keindahan pola warna dan juga kepintarannya. Sehingga burung ini terlihat lucu dan menggemaskan. Terutama burung lovebird yang dirawat dari anak sehingga bisa jinak bahkan bisa diajak main-main di luar sangkar. Saat ini banyak breeder-breeder yang mengembangbiakan burung lovebird ini. Seiring dengan permintaan pasar yang meningkat pesat, para breeder semakin semangat karena ini merupakan usaha yang menjanjikan.

Sebagian orang mungkin tahu istilah-istilah atau nama jenis burung lovebird yang umum dikenal di dunia kicau. Namun sebagian besar hanya tau bahwa itu burung lovebird dan tidak tau jenis lovebird apa. isalnya ada lovebird pastel, josan, dakocan dsb. Semua jenis tersebut dapat dibedakan dari warna yang dimiliki burung lovebird tersebut dan kali ini saya akan sedikit memaparkannya.

Jenis dan Ciri Lovebird Berdasarkan Warnanya :

1. Lovebird Pastel Kuning (PASKUN)


Kata Pastel berarti warna yang lembut atau soft sehingga terkesan kalem. Lovebird jenis pastel adalah hasil kawin silang sehingga menghadirkan burung lovebird dengan variasi warna yang baru. Lovebird paskun hampir mirip dengan lovebird lutino, hanya saja warna kuningnya lebih lembut sedangkan lutino lebih tegas. Lovebird paskun ini didominasi oleh warna kuning lembut dengan kepala sampai leher berwarna oren kemerahan. terkadang warna kuningnya aga kehijauan.

2. Lovebird Pastel Hijau (PASJO)


Burung LB pasjo ini tentunya didominasi oleh warna ijo yang kalem atau lembut yang berpadu dengan warna kuning, oren dan merah yang tertata dari dada, leher, kepala dan muka burung tersebut. Burung jenis pasjo ini memiliki kualitas yang bagus untuk dilombakan, sehingga harganya ikut melambung seiring dengan ketenaran namanya.

3. Lovebird Pastel Biru (PASBLUE/PASBIR)


Jenis lovebird dengan warna biru yang kalem ini juga hasil perkawinan silang yang dilakukan para breeder. Untuk warna punggung perut hingga ekornya didominasi warna biru muda, biru langit atau blu ice. Sedangkan dada biasanya berwarna putih dan kepala terkantung warna indukannya.

4. Lovebird Pastel Putih


Sesuai dengan namanya, dimana jenis lovebird dari hasil kawin silang lovebird blue series ini sungguh terlihat mempesona. Warna putih yang terpadu dengan sedikit warna biru muda sangat memanjakan mata. Patel putih ini berbeda dengan lovebird albino, namun ada juga yang menyilangkannya sehingga keturunannya menghasilkan variasi warna baru.

5. Lovebird Hijau Standard (JOSAN)


Jenis Lovebird yang dulu sangat populer di kalangan penghobinya, kini mulai banyak pesaing dari jenis lovebird lainnya. Sesuai dengan namanya, lovebird josan memiliki warna dominan hijau. Banyaknya penangkaran dengan mengawinsilangkan beberapa jenis lovebird menghasilkan jenis varian warna yang menarik dari sekedar warna standar, namun dimata penggemarnya, LB josan cukup mempesona dan membanggakan dalam hal prestasi ngekeknya. Tak heran jika LB jenis josan ini dijadikan sebagai indukan dalam penangkaran. Ciri-cirinya adalah memiliki warna hijau pada punggung, sayap, dada perut sampai ekornya. dari dada ke leher dan kepala berwarna kuning keorenan dengan semburat hitam. Paruh berwarna merah dan semakin tua usianya, warna paruhnya semakin merah pekat.

6. Lovebird Olive Hijau (DOUBLE DARK GREEN)


Pada awalnya burung lovebird ini adalah berwarna hijau standar (josan). Namun setelah banyaknya percobaan kawin silang oleh beberapa breeder, keturunan dari LB josan menghasilkan variasi baru. Salah satunya adalah lovebird berwarna hijau tua (dark green) dan juga hijau sangat tua (double dark green) atau yang lebih dikenal dengan nama lovebird olive. Ciri-ciri dari lovebird olive ini adalah hampir keseluruhan warnanya berwarna hijau sangat tua, kekuningan sehingga terkesan berwana gelap, paruh berwarna merah. Untuk kualitas suara, LB Olive memiliki kualitas yang bagus sehingga banyak yang menyukai LB jenis olive ini.

7. Lovebird Batman


Membedakan jenis lovebird memang seperti pada umumnya, yaitu dengan melihat keunikan warna yang dimilikinya. Lovebird yang satu ini memiliki keunikan warna yang indah dan juga jarang sehingga harganya masih lumayan mahal. Lovebird Batman namanya, dimana hampir keseluruhan warnanya berwarna hitam kelam seperti kelelawar (bat). Dada,perut sampai ekor bawar berwarna abu-abu keputihan, kepala berwarna hitam, paruh oren muda-tua, kaki abu-abu kehitaman. LB batman ini termasuk varietas baru dari lovebird blue series.

8. Lovebird Josan Dakocan


Lovebird dakocan dengan variasi warna yang unik ini menjadikannya banyak dicari. Keindahan warnanya membuat burung ini masuk nominasi burung kontes kecantikan bulu. Keindahan warna hijau pada punggung dan sayapnya, Dari leher sampai kepala berwarna hitam pekat sehingga tampak seperti mengenakan topeng. Leher sampai dada berwarna kuning bersih untuk burung LB dakocan yang lebih berkualitas dari LB dakocan yang warna kuning tersebut ada bercak oren yang terselip antara warna hitam dan juga kuning tersebut. Dari perut sampai ekornya berwarna hijau kekuningan.

9. Lovebird Biru Violet


Lovebird variasi warna biru banyak macamnya, salah satunya adalah lovebird biru violet dimana ciri-ciri hususnya adalah warna biru yang tegasnya aga keungu-unguan atau violet. LB jenis ini memiliki warna dada putih, leher hitam, kepala hitam dan sering juga disebut bertopeng sedangkan paruhnya berwarna oren muda sampai oren tua.

10. Lovebird Mocca Mauve


LB jenis ini masih keturunan dari LB blue series, jumlahnya masih tergolong jarang sehingga harganya masih melambung. Bulu-bulu nya hampir keseluruhan berwarna coklat kalem (soft brown), banyak yang menyebut bahwa LB jenis ini seperti pastelnya LB Batman. Ciri-cirinya adalah kepala berwarnacoklat lembut, leher, dada sampai perut berwarna coklat keputihan, punggung dan sayap berwarna coklat lembut, paruhnya oren muda-oren tua.

11. Lovebird Blorok


Mutasi warna dari hasil perkawinan silang memberikan varietas baru pada burung lovebird. Salah satu jenis dari mutasi tersebut adalah jenis LB blorok (pied), dimana burung LB jenis ini menawarkan keunikan dari segi warna bulu yang indah. Bercak atau noda yang menyebar di sebagian atau seluruh tubuhnya menghiasi warna dasar burung LB tersebut. macam jenis blorok tentunya mengikuti warna bulu asli indukannya, misalnya hijau blorok, kuning blorok, merah blorok dan juga biru blorok. LB jenis blorok masih tergolong mahal, karena untuk menghasilkannya dirasa masih sulit.

12. Lovebird Biru Cobalt


Varietas dari lovebird jenis biru memang beragam, salah satunya dalah lovebird biru cobalt. Dimana ciri-ciri burung LB ini adalah memiliki topeng, namun tidak terlalu pekat seperti LB biru violet. Leher sampai dada berwarna putih, punggung dan sayap berwarna biru dan bagian bawahnya berwarna biru muda pada perut dan ekornya.

13. Lovebird Biru Osin


Masih dari hasil mutasi lovebird biru. Hampir sama dengan lovebird biru cobalt, namun warna pada topeng dikepala lebih pudar dan earna punggung serta sayapnya biru kehijau-hijauan. Diujung sayap terdapat warna hitam, tungirnya berwarna ungu dan bagian bawah berwarna biru muda.

14. Lovebird Lutino


Lovebird jenis lutino sampai saat ini ditaksir sebagai lovebird yang paling mahal. Tak hanya dari keindahan warna bulunya yang didominasi warna kuning pada punggung, sayap, perut dan ekornya. Warna merah yang terdapat pada kepala, leher bahkan terkadang sampai dadanya ini mampu memikat hati setiap orang yang melihatnya. Lb lutino memiliki paruh berwarna merah pekat, warna putih terselip di setiap ujung sayapnya, kaki berwarna merah muda sedikit pucat.

Sekilas terlihat sama dengan LB paskun, namun kenyataannya jauh berbeda. LB lutino ada dua macam, yaitu LB lutino mata merah dan Lb lutino mata hitam. Namun yang paling banyak dicari adalah lb lutino mata merah atau sering disebut Ino MM. Banyaknya even lomba yang sering dijuarai LB lutino membuat harga dan popularitasnya semakin naik.

No comments:

Post a Comment